Cara Instalasi CMS Balitbang di Zorin OS

CMS Balitbang







Oke sobat,,bagi kalian yang ingin membuat web site sekolah,jangan bungung-bingung dan jangan pusing,karna apa? karena eh karena ada program open source yang bisa digunakan unntuk membuat website sekolah dengan fitur lengkap dan gratis tentunya.
Aplikasi apakah itu? hayooo siapa yang tau? :D :v
Benar sekali sobat,nama programnya adalah CMS Balitbang. Dan di postingan saya yang satu ini kita akan membahas cara instalasi CMS Balitbang di Zorin OS. Tapi ini juga bisa di praktekkan di linux ubuntu lhoo :o :)

Pengertian

CMS Balitbang merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk mengembangkan serta memublikasikan manajemen sekolah dan pembelajaran berbasis website dengan metode yang sangat mudah, tidak perlu penguasaan HTML, PHPMySQL ataupun aplikasi publikasi web lainnya yang lumayan rumit. 

Latar Belakang

Latar Belakang Terciptanya CMS Balitbang adalah dari Salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Renstra Depdiknas 2005-2009 adalah pemanfaatan secara optimal berbagai sarana seperti radio, televisi, komputer dan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lainnya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Lalu Balitbang Kemdiknas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam melakukan pengembangan dan inovasi di bidang pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan Balitbang Kemdiknas adalah  Pembuatan Model Website Sekolah sejak Tahun 2009. Hingga saat ini (april 2011) model tersebut telah dipergunakkan oleh 413 sekolah.
Fitur yang tersediapun cukup lengkap, seperti: guru, siswa, alumni, banner, login member, statistic, agenda, berita, pencarian, info sekolah, galeri foto, jajak pendapat, materi ajar, peta situs serta tautan e-learning, serta blog. 

Berikut cara instalasinya :
1. buka terminal (ctrl+alt+t)
2. Masuk ke /var/www
Sintaks : cd /var/www
Sintaks : wget URL

4. Ekstrak paket yg udah di download
Sintaks : unzip nama_file (rata" untuk cms balitbang formatnya zip)

5. Pindah paket yg udah di ekstrak ke folder cmsbalitbang
Sintaks : mv nama_folder nama_folder_tujuan

6. Beri hak akses folder tersebut
Sintaks : chown -R www-data:www-data nama_folder
          chmod 755 nama_folder


7. Kemudian beralih ke web browser. Masuk ke phpmyadmin dan login

8. Buat database bernama cmsbalitbang. (Maaf,nama database saya      keliru cuma kurang huruf "t",jdi jgn di contoh. . .hehehe)

9. Kemudian masuk ke cms balitbang di browser untuk melakukan        instalasi.

10. Klik "saya setuju"

11. Pilih sekolah yang akan kamu gunakan

12. Pilih paket yg kamu gunakan,kemudian klik "Lanjut"

13. Pada Konfigurasi CMS Balitbang,isi kolom yang tersedia,lalu       klik Install


14. Instalasi selesai. klik Login admin untuk login

15. Masukkan username dan password kamu. Lalu klik login

16. Naah,ini adalah tampilan menu administrator. Disini kamu bis     mengkonfigurasi website sekolah yang telah kamu buat.





Yah,itulah cara-cara instalasi CMS Balitbang di Zorin OS.Untuk membaca artikel lain tentang cms ini,silahkan kunjungi web maniacms atau kunjungi web resmi cms di kajian website.Bila ada salah kata/salah penulisan dalam posting ini saya minta m'f yang sebesar besarnya.Wassalamualaikum Wr.Wb


SEMOGA BERMANFAAT

No comments: