Setting Radio AP (Eengenius)


 Konfigurasi AP Engenius






Assalamu'alaikum Wr.Wb

Apa kalian tau apa itu Radio AP?
Apa saja macam-macamnya ?
      Banyak sekali jenis-jenis Radio AP baik indoor maupun ourtdoor,namun kali ini saya hanya akan membahas tentang radio AP Engenius saja.Untuk lebih jelasnya silahkan baca di bawah ini : 


      WiFi yang merupakan kependekan Wireless Fidelity dari pada awalnya di rancang untuk jaringan Wireless data kecepatan tinggi untuk di dalam ruangan. Salah satu aplikasi yang umum digunakan menggunakan WiFi adalah pembuatan jaringan HotSpot.
Modifikasi peralatan WiFi banyak dilakukan di dunia untuk membuat Internet murah. Disini akan di jelaskan beberapa teknik dasar untuk mengoperasikan WiFi terutama untuk operasi diluar ruangan untuk membangun akses Internet murah. 

      Dalam jaringan komputer,wireless access point,( WAP) adalah suatu peranti yang memungkinkan peranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain. WAP biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) sehingga dapat meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel (seperti komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE 802.11.

Konfigurasi Akses Point
      Logika berfikir proses konfigurasi ini sangat sederhana sekali sebenarnya. Untuk mengkonfigurasi sebuah Access Point, minimal sekali kita hanya perlu mengkonfigurasi:

  • SSID
  • Channel / Frekuensi
  • IP Address
  • Netmask
  • Gateway
       Perlu di catat disini bahwa IP address, Netmask & Gateway tidak harus sama dengan IP address yang digunakan di LAN. Hal ini untuk menghindari hacker yang ingin mengubah konfigurasi Access Point. Tetapi, IP address, Netmask & Gateway perlu di set sama dengan yang digunakan di LAN jika Access Point menjalankan DHCP Server.
Pada operasi RT/RW-net, biasanya ada beberapa proteksi yang perlu di lakukan agar tidak sembarangan orang mengakses jaringan dan mencuri bandwidth yang kita bayar dengan mahal. Beberapa proteksi tersebut antara lain adalah

  • MAC Filtering – untuk mengatur MAC address mana saja yang dapat mengakses Access Point.
  • WEP – enkripsi data, agar data yang dikirim tidak dapat dilihat orang.
  • WPA – authentikasi / password, agar hanya yang memiliki password yang dapat mengakses jaringan.
      Pada operasi hotspot di Mall / Restoran / Hotel biasanya mekanisme security yang digunakan lebih bebas. Pada operasi RT/RW-net biasanya minimal sekali MAC Filtering yang digunakan. 

Setting Radio AP Engenius :
1. Pastikan Radio AP sudah di reset


2. Sambungkan LAN dari AP ke POE dan Komputer ke POE



3. Bila semua sudah tersambung,langkah selanjutnya adalah masuk ke web browser lalu ketikkan IP default dari Radio AP Engenius. Maka kamu akan masuk ke tampilan berikut :


4. Lalu kita atur systemnya. Klik system Properties,Lalu Atur seperti pada gambar. Untuk country dan nama device,ssl (suka-suka loe) ajalah :D

5. Kemudian atur wireless network. Klik wireless network,lalu atur wireless mode dan channel/frequency. Setelah itu kita atur profil.a dengan cara klik edit pada profil yang di centang kemudian atur seperti pada gambar atau sesuai keinginanmu lalu klik save. SSID dan password.a jangan di samain dengan gambar ya bray :D :v


6. Kamu akan kembali ke tampilan sebelumnya,langsung aja klik apply 


7. Langkah selanjutnya mengatur time zone.
Klik time setting,kemudian pilih automatically aja biar gampang. . .hehe :)
Lalu pilih time zone yang sesuai dengan lokasimu,jika sudah langsung aja klik apply.


8. Kemudian kita akan mengetesnya. Cari wifi yang kamu buat tadi,lalu koneksikan. Jika sudah,cobalah browsing atau minimal masuk ke www.google.com


Jika bisa untuk browsing berarti kamu Berhasiiiiiil :D :p
Ya kawan,sementara itu saja yang bisa saya sharing. Jika ada salah penulisan atau kata-kata saya mohon maaf karena blog saya memang belum sempurna.
terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Sumber : 





Selamat Membaca


No comments: