Install KVM di Ubuntu 12.04


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan sharing hasil praktek saya mengenai cara instalasi kvm di ubuntu 12.04. Disini saya masih belajar,jadi mohon kritik dan sarannya.Mohon koreksinya .

KVM (Kernel-based Virtual Machine) adalah virtualisasi infrastruktur untuk kernel Linux yang mengubahnya menjadi sebuah hypervisor , yang bergabung ke dalam kernel utama Linux pada Februari 2007. KVM membutuhkan prosesor denganekstensi virtualisasi hardware . KVM juga telah porting ke FreeBSD dan Illumos dalam bentuk modul kernel loadable.
KVM awalnya didukung x86 prosesor dan telah porting ke S/390 , PowerPC , dan IA-64 . Sebuah ARM pelabuhan digabungkan selama jendela merge 3.9 kernel.


Berbagai macam sistem operasi tamu bekerja dengan KVM, termasuk banyak rasa Linux, BSD, Solaris , Windows , Haiku ,ReactOS , Plan 9 , dan AROS Penelitian Sistem Operasi . Selain Android 2.2, GNU / Hurd (Debian K16), Minix 3.1.2a, Solaris 10 U3, Darwin 8.0.1 dan lebih OS dan beberapa versi baru ini dengan keterbatasan diketahui bekerja. Sebuah versi modifikasi dari QEMU dapat menggunakan KVM untuk menjalankan Mac OS X .


Paravirtualization dukungan untuk perangkat tertentu yang tersedia untuk Linux, OpenBSD, FreeBSD, NetBSD, Plan 9 dan Windows tamu menggunakan VirtIO API. Ini mendukung kartu Ethernet paravirtual, sebuah paravirtual disk I / O controller, sebuah perangkat balon untuk menyesuaikan penggunaan memori tamu, dan antarmuka grafis VGA menggunakan SPICE atau VMware driver.


Berikut cara instalasinya :



  • Sebelum kita melakukan instalasi,kita harus mengecek dulu apakah komputer kita bisa digunakan untuk menjalankan kvm. Berikut caranya :
1. Cek apakah komputer kita support untuk virtualisasi hardware
#egrep -c '(vmx|svm)' /proc/cpuinfo

Jika jawabannya lebih dari 0,maka cpu kita mendukung virtualisasi hardware. Namun bila outputnya 0, maka cpu tidak mengukung virtualisasi hardware

2. Jika cpu anda support,jangan senang dulu. Pastikan bahwa virtualisasi diaktifkan di BIOS. Kamu bisa menggunakan perintah berikut :
#cat /sys/hypervisor/properties/capabilities
3. Jika tidak muncul hvm flag,anda juga bisa menggunakan perintah berikut :
#apt-get install cpu-checker
#kvm-ok
jika outputnya seperti pada gambar,berarti KVM bisa digunakan di komputer kamu




namun jika outputnya seperti ini,berarti kamu tidak bisa menjalankan kvm di komputermu dan kamu tidak bisa melanjutkan ke langkah instalasi
INFO: Your CPU does not support KVM extensionsKVM acceleration can NOT be used
  • Sekarang kita masuk ke instalasi
1. Kita Install paket yang dibutuhkan KVM
#apt-get install qemu-kvm libvirt-bin ubuntu-vm-builder bridge-utils
2. Tambahkan username ke group
#adduser `id -un` kvm
#adduser `id -un` libvirtd 
3. Cek apakah user telah masuk di group
#groups

4. Sekarang kita verifikasi instalasi
#virsh -c qemu:///system list

#ls -la /var/run/libvirt/libvirt-sock

#ls -l /dev/kvm

#chown root:libvirtd /dev/kvm

3. Kemudian instal virtual manager untuk GUI
#apt-get install virt-manager
4. Lakukan relogin atau restart komputer kamu
5. Kemudian buka virtual machine manager. Menu aplikasi/dash home >> ketikkan virtual di search bila sudah muncul aplikasinya tinggal kamu buka dan KVM siap digunakan.



  • Disini saya menemukan eror saat membuka virtual machine manager. Lihat gambar
Ini terjadi jika kita tidak melakukan restart setelah melakukan instalasi di atas. Jadi solusinya adalah kita harus merestart komputer kita
  • Dan secara otomatis root,kvm dan libvirtd akan menjadi satu group. Untuk mengeceknya,eksekusi perintah berikut
#groups

Sekian postingan untuk kali ini,semoga bermanfaat.

Referensi :


Selamat Membaca



1 comment:

Sitti Hardiyanti B. said...

Salaam..
Ini sangat membantu, terima kasih :)