Setting FTP Server di Ubuntu 12.04 LTS




    Protokol pengiriman berkas (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

    FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) danpenggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

    Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

    FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai.

Berikut langkah instalasi dan pengujiannya :
1. Pertama,kita install ftpnya
#apt-get install proftpd
2. Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Pilih mandiri (disini Ubuntu saya memakai bahasa indonesia)


3. Setelah instalasi proftpd selesai,langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi proftpd.conf. Buka proftpd.conf
#nano /etc/proftpd/proftpd.conf
4. Kemudian pada baris paling bawah tambahkan script seperti pada gambar


5. Pastikan tulisannya benar. Jika ada kesalahan tulisan,maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Disini kesalahannya terletak pada tulisan UserReverseDNS <contoh>


6. Kemudian kita akan mengujinya. Kali ini saya menggunakan web browser dan FileZilla.
  • Pada web browser,kita tinggal mengetikkan ftp://IPserver, misalnya : ftp://192.168.20.1


  • Jika menggunakan FileZilla,kita harus memasukkan:
mesin ==> IP servernama pengguna ==> username serverkata kunci ==> Password serverPort ==> 21

Lalu tekan enter

Sekian postingan kali,semoga bermanfaat buat yang membutuhkan.

Referensi : 

Selamat Membaca

No comments: