Sharing menggunakan LAN (kabel straight dan Cross-over)


Sharing menggunakan LAN (kabel straight dan Cross-over)



Assalamu'alaikum Wr.Wb
Apakah anda tau perbedaan antara kabel Crossover dan Straight-through?
bila kamu tidak tau,berarti sama dengan saya. . .hehehe :v
Pada Postingan kali ini kan di bahas tentang cara mengkoneksikan 2 komputer menggunakan kabel tersebut di atas.Namun sebelum itu,kita harus mengetahui beberapa hal berikut :

     Jaringan wilayah lokal (local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.Readmore

     LAN nirkabel (Wireless LAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.
LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA. Readmore

  • UTP



     Unshielded Twisted pair adalah jenis kabel di mana dua konduktor dari satu sirkuit yang memutar bersama-sama untuk tujuan membatalkan keluar interferensi elektromagnetik (EMI) dari sumber eksternal; misalnya, radiasi elektromagnetik dari unshielded twisted (UTP) kabel, dan pasangan crosstalk antara pasangan tetangga. Hal ini ditemukan oleh Alexander Graham Bell .
Dalam pair seimbang operasi, dua kawat membawa sinyal yang sama dan berlawanan dan tujuan mendeteksi perbedaan antara keduanya. Hal ini dikenal sebagai modus diferensial transmisi. Sumber-sumber kebisingan memperkenalkan sinyal ke kabel dengan kopling medan listrik atau magnet dan cenderung pasangan untuk kedua kabel yang sama. Kebisingan sehingga menghasilkan sinyal common-mode yang dibatalkan pada penerima ketika sinyal perbedaan diambil. Readmore...

  •  STP 

     

     Shielded Twisted Pair merupakan bagian dari kabel tembaga yang memiliki dua pembungkus pada masing-masing kabelnya. Pelindung tersebut terdapat pada setiap pasang kabelnya yang dilindungi oleh timah dan setiap pasang kabel tersebut masing-masing dilapisi dengan pelindung. Kabel STP terdiri dari 4 jalinan yang erat dengan inci yang berbeda-beda pada tiap jenis STP. STP biasa digunakan bersamaan dengan konektor RJ-45 yang mampu mengirimkan data lebih banyak dari LAN

 

  •  FTP

     

     Protokol pengiriman berkas ( File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Crossover

Kabel Crossover digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang sama (NIC dengan NIC lainnya, hub dengan hub yang lainnya dan lain-lain)


Straight-through

kabel Straight-through digunakan untuk menghubungkan NIC dengan hub atau NIC dengan switch

Apa sih bedanya 2 kabel tersebut?
daripada bingung nggak jelas,lebih baik langsung di praktekin aja biar tau...
kita akan menggunakan cara berikut :

Mengkoneksikan 2 komputer (OS Windows) menggunakan kabel LAN :
1. Siapkan alat-alat yang di butuhkan seperti : kabel straight dan crossover,2 buah komputer,dan switch (bila ingin memakai switch) 

2. Tancapkan kabel ke masing-masing komputer. Misal sekarang kita akan menggunakan kabel straight

3. Kemudian atur IP masing-masing komputer dalam satu subnet,dan salah satu komputer IP-nya di jadikan gateway
Misal :
Komputer A : IP 192.168.1.1 ,netmask 255.255.255.0
Komputer B : IP 192.168.1.4 ,netmask 255.255.255.0 ,gateway 192.168.1.1 (IP komp.A)

4. Setelah itu masing-masing komputer coba ping IP lawan lewat cmd. Bila sukses,kita tinggal melakukan sharing
5. Komputer A akan sharing ke komputer B.
6. Pillih folder yang akan di sharing,lalu klik kanan pada folder tersebut dan klik properties.


7. Pilih menu sharing,lalu klik share


8. Kemudian Pilih everyone,lalu klik add. Setelah itu pada everyone kita pilih permission yang akan di gunakan. Jika kamu pilih read maka komputer B hanya bisa membaca dan mengcopy,namun jika kamu pilih read/write nanti komputer B mempunyai hak penuh/full control kepada file/folder yang kamu sharing. Jika sudah,tinggal klik share


9. Langsung saja klik done


10. Sekarang kita akan melihat file sharing tadi di komputer B. Masuk ke explore,kemudian klik network dan Jika komputer A sudah terbaca langsung saja double klik pada ikon komputer A. Maka akan muncul file/folder yang sudah di sharing oleh komputer A.Lalu kita coba mengcopy biar tau kecepatan copynya dan ini bertujuan untuk perbandingan dengan kabel cross


11. Berikut kecepatannya :


 Itulah hasil sharing menggunakan kabel straight. Setelah itu saya mencoba menggunakan kabel cross dan hasilnya sama dengan kabel straight.
Kesimpulannya adalah yang membedakan kabel straight dan cross adalah susunan pemasangannya saja.Jadi tidak usah bingung mau menggunakan kabel yang mana saja bisa,terlebih lagi barang-barang elektronik sekarang rata-rata bisa menggunakan kabel straight.
Demikian postingan saya kali ini,semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb



Selamat Membaca

No comments: