Install SWAT (Samba Web Administration Tool)


Assalamu'alaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan sharing sedikit mengenai swat (samba web administration tool). Ini merupakan sedikit tambahan untuk konfigurasi samba menggunakan web. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di bawah ini !!

     SWAT adalah alat yang memungkinkan konfigurasi berbasis Web dari Samba. Ini memiliki wizard yang dapat membantu untuk mendapatkan Samba dikonfigurasi dengan cepat, ia memiliki konteks-sensitif bantuan pada setiap smb.conf parameter, menyediakan untuk pemantauan kondisi saat informasi koneksi, dan memungkinkan MS Windows manajemen password jaringan networkwide.
SWAT adalah fasilitas yang merupakan bagian dari Samba suite. The executable utama disebut swat dan dipanggil oleh super daemon internetworking.
     SWAT menggunakan komponen Samba terpisahkan untuk menemukan parameter yang didukung oleh versi tertentu dari Samba. Tidak seperti alat dan utilitas yang eksternal untuk Samba, SWAT selalu up to date mengubah parameter Samba dikenal. SWAT memberikan bantuan konteks-sensitif untuk setiap parameter konfigurasi, langsung dari man entri halaman.
     Beberapa administrator jaringan percaya bahwa itu adalah ide yang baik untuk menulis sistem dokumentasi dalam file konfigurasi, dan bagi mereka SWAT akan selalu menjadi alat yang jahat. SWAT tidak menyimpan file konfigurasi dalam bentuk peralihan; melainkan hanya menyimpan pengaturan parameter, jadi ketika SWAT menulis smb.conf file disk, menulis hanya parameter yang berada di selain pengaturan default. Hasilnya adalah bahwa semua komentar, serta parameter yang tidak lagi didukung, akan hilang dari smb.conf berkas. Selain itu, parameter akan ditulis kembali dalam memesan intern.

Oke,kita langsung saja ke instalasi. Caranya sangat sederhana dan mudah sekali.
1. Buka terminal (Ctrl+Alt+T)

2. Biasanya swat akan otomatis terinstal ketika kita menginstall samba. Namun untuk memastikannya,lebih baik kita instal lagi.
#apt-get install swat


3. Buka web browser lalu masuk ke URL IPserver:901. Misal saya menggunakan IP 192.168.20.1,seperti padaa gambar. Kemudian akan muncul tampilan login,lalu masukkan username dan password server.


4. Jika sudah,maka kamu akan masuk ke tampilan awal seperti pada gambar.


Mudah bukan? hehe :)
Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat
Sumber : 

Selamat Membaca

No comments: