WebMail Server Menggunakan Squirrelmail di Ubuntu 12.04 LTS


Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Kali ini kita akan membahas tentang squirrelmail. Ini juga merupakan lanjutan dari mail server dan juga webmail server,namun pada postingan sebelumnya saya menggunakan roundcube untuk webmail server.Bila belum membaca postingan tentang mail server dan roundcube,silahkan baca di mail server 12.04 dan install roundcube.
    SquirrelMail adalah sebuah proyek yang menyediakan baik klien email berbasis web dan proxy server untuk IMAP protokol.
Bagian webmail proyek dimulai oleh Nathan dan Lukas Ehresman pada tahun 1999 dan ditulis dalam PHP . SquirrelMail dapat digunakan dalam hubungannya dengan LAMP "stack" , dan setiap sistem operasi lain yang mendukung PHP juga didukung. Web server membutuhkan akses ke IMAP server hosting email dan ke SMTP server untuk dapat mengirim mail.
SquirrelMail webmail output valid HTML 4.0 untuk presentasi, sehingga kompatibel dengan mayoritas saat browser web .SquirrelMail webmail menggunakan arsitektur plugin untuk mengakomodasi fitur tambahan sekitar aplikasi inti, dan lebih dari 200 plugin yang tersedia di situs SquirrelMail.

    The SquirrelMail IMAP produk server proxy diciptakan pada tahun 2002 oleh Dave McMurtrie sementara pada University of Pittsburgh (di mana itu bernama "up-imapproxy", meskipun telah menjadi lebih dikenal sebagai "imapproxy") dan diadopsi oleh tim SquirrelMail tahun 2010 . Hal ini ditulis dalam C dan terutama dibuat untuk menyediakan stateful koneksi untuk statelesssoftware webmail client ke server IMAP, sehingga menghindari login IMAP baru untuk setiap tindakan klien dan dalam beberapa kasus secara signifikan meningkatkan kinerja webmail.
Kedua produk SquirrelMail adalah bebas dan perangkat lunak open-source tunduk pada ketentuan dari GNU General Public License (GPL) versi 2.
Produk webmail saat ini tersedia dalam lebih dari 50 bahasa. SquirrelMail webmail termasuk dalam repositori banyak besardistribusi GNU / Linux dan secara independen didownload oleh puluhan ribu orang setiap bulan.

Berikut cara instalasinya :
1. Buka terminal (Ctrl)

2. Install squirrelmail lewat terminal
#apt-get install squirrelmail

3. Sekarang kita akan mengkonfigurasi squirrelmail
#squirrelmail-configure
4. Akan muncul tampilan berikut. Tekan 2>>enter>>1>>enter>>Masukkan domain name>>enter>>tekan tombol S (untuk save)>>enter>>enter>>Q (untuk quit)>>enter




5. Lalu kita akan melinkkan squirrelmail ke /var/www agar bisa di akses pada web browser
#ln -s /usr/share/squirrelmail /var/www 
6. Beri akses pada directory squirrelmail
#chown -R www-data:www-data 
7. Buka web browser,lalu masukkan Url http://ipserver/squirrelmail
8. Kemudian kamu tinggal login. Disini saya login menggunakan username nanda untuk melihat email yang sudah di kirim sebelumnya


9. Nah,disini sudah ada email yang masuk. Kita akan melihat isinya dengan cara klik tulisan testing (testing adalah subject pesan yang saya buat)


10. Berikut tampilan pesan yang di kirim.



Sekian postingan kali ini,semoga bermanfaat.

Sumber : 


Selamat Membaca

No comments: