Tutorial Sharing Printer di Windows


Sharing Printer di Windows




Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara sharing printer di windows.
Disini saya menggunakan windows 7 (server) dan windows 8 (client) dan kali ini saya menggunakan wifi untuk sharingnya.Langsung saja kali ya,nggak usah lama-lama.

  •  Pertama pastikan pengaturan advanced sharing kamu sudah benar dan aktifkan juga turn on file and printer sharing.
  • Lalu nyalakan printer dan tancapkan kabel USB dari printer ke laptop/PC mu,dalam hal ini saya menggunakan laptop.
  • Setelah tertancap maka otomatis akan menginstal driver printernya,tunggu sampai selesai
  • Pastikan kedua komputer terkoneksi ke wifi yang sama,sehingga berada dalam 1 jaringan
  • Cek IP yang di dapatkan oleh kedua laptop
Cara Sharing (windows 7 <server>)
  1. Masuk ke Device and Printers. Caranya : Control Panel>>Hardware and Sound>>Devices and Printers
  2. Kemudian Klik kanan pada printer yang sudah aktif,lalu klik Printer properties 
  3. Lalu pilih menu Sharing,kemudian centang pada "share this printer". Jika sudah,klik apply lalu klik ok 
  4. Setelah itu kita setting komputer client
Cara Setting komputer client (windows 8)
  1. Pastikan koneksi sama dengan komputer server
  2. Cara paling mudah dan cepat untuk mengambil file dari server adalah dengan menembak langsung IP komputer server. Caranya ketik "\\IP_server" (tanpa petik) lalu enter
  3. Kemudian double klik pada printer yang tersharing,maka akan otomatis menginstal driver. Tunggu sampai driver selesai menginstal
  4. Jika sudah selesai,maka akan muncul tampilan berikut :
  5. Dan otomatis akan muncul icon printer yang di sharing tadi di Device and Printer. Cara masuk ke situ sudah dijelaskan di atas,silahkan baca sendiri!! :)
  6. Disini saya akan mencoba mengetest printer menggunakan gambar berikut : 
  7. Klik file lalu arahkan dan klik Print 
  8. Lalu atur settingannya dan pilih printer yang di sharing tadi. Jika sudah,tinggal klik Print 
  9. Berikut adalah hasil printnya :
    Berarti sharing sudah sukses.Kenapa saya bilang begitu? karena pernah juga saya mengalami yang namanya gagal. Waktu itu sharingnya sudah berhasil dan terbaca oleh komputer client,namun saat di test print tidak bisa tercetak. Ada banyak hal yang jadi penyebabnya,salah satunya adalah versi printer yang berbeda jika kita memasang printer yang di sharing menggunakan cara "Add a Printer".
    Demikan postingan yang tidak sempurna bagi saya,semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan :D
Wassalamu'alaikum Wr.Wb




Selamat Membaca



No comments: